Sayur Lodeh Kulit Melinjo

Pada kali ini saya mau share tentang Sayur Lodeh Kulit Melinjo. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Nasuha Blogdan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya :
Melinjo adalah bahan makanan yang populer di kalangan masyarakat. Bagian melinjo yang diolah sebagai bahan makanan adalah daun, buah dan kulitnya. Daun melinjo umumnya diolah menjadi campuran sayur asem, sayur lodeh, oseng-oseng dan lain-lain. Bagian buahnya diolah menjadi emping yang terkenal dengan sebutan emping melinjo. Bagian kulitnya diolah menjadi masakan oseng-oseng, santan dan kripik. Namun, sebagian besar masyarakat lebih banyak mengolahnya menjadi kripik dan oseng-oseng. Walaupun olahan melinjo baik itu dari daun, buah dan kulitnya,  tidak semua masyarakat menyukainya. Hal itu dikarenakan melinjo memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga menjadi pemicu penyakit asam urat. Padahal, tidak semua bagian melinjo mengandung tinggi purin. Kulit melinjo justru memiliki antioksidan yang menghambat terjadinya pembentukan asam urat oleh xantin oksidase, dan sebagian peneliti memanfaatkannya untuk dijadikan teh dari kulit melinjo. Oleh karena itu, anda tidak perlu kawatir mengkonsumsinya.

Kulit melinjo memiliki cita rasa yang enak dan sangat mudah mengolahnya. Salah satu olahan di resep ini yaitu sayur lodeh kulit melinjo. Kenapa harus sayur lodeh? Ya, karena itu masakan favorit ibu mertua saya hehe, setiap saat selalu ada sajian masakan lodeh di meja makan kami. Berikut resepnya.


Bahan :
Kulit melinjo 200 g
Tahu 8 biji (potong dadu)
Tempe 6 biji (potong dadu)
Rese atau udang rebon (secukupnya)
2 lbr daun salam
1 ruas lengkuas (diiris)
1 ruas jahe (digeprek)
500 ml santan
Gula, garam dan masako secukupnya

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
6 siung bawang merah
5 cabe rawit


Cara membuat :
1. Rebus kulit melinjo sampai matang dan empuk
2. Haluskan bumbu lodeh
3. Panaskan minyak goreng 2 sdm dan tumis bumbu bersama daun salam, lengkuas dan jahe sampai matang dan harum
4. Tambahkan santan sambil diaduk dan beri gula garam secukupnya
5. Diamkan sampai mendidih dan masukkan kulit melinjo yang sudah direbus bersama dengan potongan tahu dan tempe
7. Diamkan lagi sampai semuanya benar-benar matang dan beri rese atau udang rebon agar rasanya lebih mantap
8. Angkat dan sajikan dalam mangkuk cantik

Sayur lodeh kulit melinjo siap dihidangkan. Jangan lupa beri taburan bawang goreng diatasnya agar lebih menarik. Kulit melinjo yang merah merona, manis cantik dan enak rasanya akan membangkitkan selera makan anda sekeluarga. Selamat mencoba.
Nantikan resep saya berikutnya...  



Sekian blog yang dapat saya bagikan tentang Sayur Lodeh Kulit Melinjo

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Nasuha Blog sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah https://nasuhafikri.blogspot.com/2018/07/sayur-lodeh-kulit-melinjo.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top