Sambalado Iwak Wader

Pada kali ini saya mau share tentang Sambalado Iwak Wader. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Nasuha Blogdan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya :
Seperti halnya ikan uceng yang sudah pernah saya posting artikelnya, ikan wader ini habitatnya sama dengan ikan uceng. Bedanya, jenis ikan wader lebih banyak dan rasanya pun tak kalah gurih dengan ikan uceng. Ada 3 jenis ikan wader yang dikenal masyarakat yaitu pari, cakul dan kepek. Jenis ikan wader yang paling enak dan gurih adalah pari dan cakul, dimana wader jenis ini sudah banyak dibudidayakan di beberapa daerah seperti Temanggung, Kendal, Mojokerto dan masih banyak lagi tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Bahkan di Mojokerto malah dibuat sebuah kampung yang bernama "kampung wader", saking antusiasnya perhatian masyarakat terhadap ikan jenis ini. Berbeda dengan jenis wader kepek, dari pengalaman saya yang setiap saat memasak ikan wader, jenis ini rasanya gurih tapi berbau lumpur atau lumut tidak seenak ikan wader jenis cakul dan pari. Ikan wader berukuran kecil bahkan ada yang sangat kecil sehingga agak ribet membersihkannya. Perlu anda tau, proses pembersihan ikan wader harus sempurna kalau tidak rasa yang dihasilkan akan sedikit pahit. Jadi, ini poin penting bagi anda jika ingin memasak ikan wader agar hasil rasanya lebih enak, gurih dan tidak pahit. 

Antusias masyarakat terhadap ikan wader tidak hanya didukung karena rasanya yang enak dan gurih, tetapi ikan ini memiliki gizi yang tak kalah baik dengan ikan tawar lainnya. Menurut hasil penelitian Kementrian Kelautan dan Perikanan, ikan wader memiliki kandungan protein sebesar 14,8 g; zat besi 0,3 mg; kolesterol 58 mg; lemak 2,3 g dan kalori 84, serta mengandung asam lemak omega 3. 

Anda tak perlu bingung bagaimana mengolahnya, cukup digoreng saja sudah enak dan gurih. Disini saya akan berbagi resep kreasi masakan ikan wader yang tidak hanya digoreng saja tetapi sekalian disambal balado. Berikut resepnya. 


Bahan :
Ikan wader 250 g
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 cm jahe
Garam secukupnya
Bahan-bahan diatas dihaluskan kecuali ikan wader

Bahan sambal balado :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
Bawang bombai secukupnya
6 buah cabe keriting
2 buah tomat segar
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan semua bahan untuk menggoreng ikan wader
2. Lumuri ikan wader dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan tunggu beberapa menit
3. Panaskan minyak sampai benar-benar tua/panas dan goreng ikan wader yang sudah dilumuri bumbu
4. Tiriskan ikan wader yang sudah matang
5. Siapkan bahan sambal dan haluskan bumbu-bumbunya
6. Panaskan minyak dan tumis bumbu sambal balado sampai harum dan matang
7. Beri sedikit air agar bumbu lebih matang dan beri gula garam secukupnya 
8. Masukkan ikan wader yang sudah digoreng, tunggu beberapa saat sampai semuanya rata dan meresap
9. Angkat dan tiriskan

Sajikan bersama nasi hangat dan lapan kemangi, tomat dan timun (sesuai selera anda). Rasa sambal balado ikan wader yang pedas, gurih dan nikmat akan menggoyang lidah anda dan dijamin bisa menghabiskan nasi di ricecooker anda ๐Ÿ˜„

Selamat mencoba.
Nantikan resep-resep menarik berikutnya ... 





Sekian blog yang dapat saya bagikan tentang Sambalado Iwak Wader

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Nasuha Blog sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah http://nasuhafikri.blogspot.com/2018/07/sambalado-iwak-wader.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top