Resep Mie Ayam Enak

Pada kali ini saya mau share tentang Resep Mie Ayam Enak. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Nasuha Blogdan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya :
Yang paling klasik banget dari mie ayam adalah gerobak penjualnya: rata-rata warnanya biru😄 gitu juga gak sih di daerah kalian? Tapi tentu saja di sini gak akan membahas gerobaknya, tapi apa yang ada di dalam gerobak itu, yaitu mie ayam.

Sebetulnya mie ayam ini simpel sih, terdiri dari mie ditambah ayam, udah gitu aja. Tapi rasanya gak sesimpel itu, karena ini emang enakkk banget, dan salah satu Top 10 makanan favorit aku dan mungkin semua orang.

Kali ini aku pengen coba bikin mie ayam di rumah, and aku coba untuk sebisa mungkin dimirip-miripin sama mie ayam yang dijual abang-abang...hehe jadi gak aku tambah jamur kancing lah, ini lah, itu lah, ini versi original, so cekwdot...

Resep Mie Ayam
Ala Dapur Mama Badar

(Mie Ayam)

Lama memasak: 45 menit 
Porsi: 4 mangkok

Bahan:
🍜 300 gr mie telur / mie basah khusus mie ayam
🍜 100 gr Sawi
🍜 kulit pangsit sebagai pelengkap
🍜 2 batang daun bawang, iris

Bahan Topping Ayam:
🍜 250 gr dada ayam
🍜 4 siung bawang merah
🍜 3 siung bawang putih
🍜 4 butir kemiri
🍜 1/2 siung bawang bombai ukuran sedang, iris
🍜 3 cm jahe
🍜 2 cm kunyit
🍜 1 sdm saus tiram
🍜 1 sdm kecap asin
🍜 3 sdm kecap manis
🍜 1/2 sdt garam
🍜 1/2 sdt kaldu jamur bubuk
🍜 1/2 sdt gula
🍜 1/4 sdt merica bubuk
🍜 2 lembar daun jeruk
🍜 1 lembar daun salam
🍜 3 cm lengkuas, geprek
🍜 1 batang serai, geprek
🍜 100 ml air matang

Bahan minyak bawang:
🍜 50 ml minyak goreng
🍜 3 siung bawang putih

Bahan kuah mie ayam:
🍜 3 sdm minyak bawang
🍜 3 cm jahe, geprek
🍜 1/2 sdt merica bubuk
🍜 1/2 sdt garam
🍜 500 ml air kaldu ayam (dari rebusan dada ayam)
🍜 1 sdt kecap asin

Cara membuat:

(Step-step membuat mie ayam)

  • Siapkan kurang lebih 750 ml air kemudian panaskan, masukan dada ayam, dan rebus hingga matang, sisihkan 500 ml. Setelah itu swir-swir ayam dan saring air sebagai kuah kaldu.
  • Masukan ke dalam wadah blender bawang, kemiri, jahe, dan kunyit lalu haluskan.
  • Panaskan minyak untuk menumis, kemudian tumis bumbu halus, lengkuas, salam, daun jeruk, dan serai hingga harum. Setelah itu masukan ayam swir, aduk rata.
  • Tambahkan air, kecap manis, kecap asin, saus tiram, dan sisa bumbu lainnya, masak hingga bumbu meresap dan kuah menjadi kental.
  • Sementara menunggu topping ayam matang, siapkan minyak bawang, iris bawang putih, panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan dan garing di atas api sedang. Sisihkan minyak dan bawang di wadah kaca. Jangan lupa goreng juga pangsit secukupnya untuk pelengkap.
  • Setelah semua bahan siap, terakhir buat kuah mie ayam, dengan mencampurkan kuah kaldu ayam dari rebusan ayam sebelumnya, 3 sdm minyak bawang, jahe, dan bumbu lainnya, biarkan mendidih. Jika sudah mendidih dapat digunakan untuk merebus mie dan sayur.
  • Siapkan mangkok saji, tuangkan 1 sdm minyak bawang dan 1 sdt kecap asin, masukan mie yang sudah direbus, kemudian aduk rata dengan minyak bawang dan kecap asin (seperti akan membuat mie goreng), setelah itu masukan sayur yang sudah direbus dan topping ayam. Lalu taburi bawang daun dan siram dengan kuah mie ayam panas. Siap disajikan bersama pangsit!
Gampang kan, semoga berhasil !😍👍 oh ya, resep ini juga aku publish di Yummy App, jangan lupa follow 😉


from Dapur Mama Badar


Jangan lupa komen di blog https://resepemakemak.blogspot.com agar kami masin semangat untuk update resep terbaru. Terima Kasih
Resep Mie Ayam Enak


from Resep Masakan Emak-Emak https://resepemakemak.blogspot.com/2020/12/resep-mie-ayam-enak.html
via Nasuha Blog

Resep Mie Ayam Enak

Sekian blog yang dapat saya bagikan tentang Resep Mie Ayam Enak

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Nasuha Blog sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah http://nasuhafikri.blogspot.com/2020/12/resep-mie-ayam-enak.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top